5 Manfaat Buah Langka Zuriat, Buat Kesehatan

Buah Zuriat merupakan buah yang populer antara jemaah haji. Buah ini mengandung khasiat yang banyak sekali. Disamping itu muatan gizi yang tinggi untuk semua yang mengonsumsinya. Buah zuriat yakni buah asli dari Hulu Mesir, juga dijumpai di Sudan, Kenya, juga Tanzania. Mempunyai tinggi hingga mencapai 15,2 meter atau 50 kaki dan pohon mempunyai batang ramping serta cabang yang halus, tiap-tiap berujung dengan kecil, berwarna hijau, kaku, daunnya semacam kipas. Buah pohon ini memiliki warna merah jingga sering disamakan pada jahe. Buahnya dimakan secara mentah, dan kulit dari biji yang disarankan untuk dibuat menjadi manisan serta sirup. Buahnya sering dipakai untuk menyembuhkan luka. Daunnya bisa digunakan sebagai bahan menenun tikar lalu dapat sebagai bahan kertas. Buah ini kerap ditemukan di makam-makam Mesir selama 5.000 tahun. Dibawah kita akan mengupas buah ini.

Ciri-Ciri Tanaman Buah Zuriat

Buahnya yang memiliki postur lonjong, berwarna kuning atau merah jingga memiliki ukuran seperti apel, warna kulit luar merah, buah memiliki serat tebal, kenyal dan sedikit manis (Mesocarpnya). Rasanya semacam jahe. Daging buah pada umumnya digunakan dalam memasak, dengan beraneka cara, dan varietas yang tidak sama dalam sifatnya. Sedangkan bagian yang masak sulit dimakan kemudian biasanya digunakan menjadi campuran untuk lauk sayuran. Untuk orang-orang yang bertempat tinggal di gurun mempergunakan buah ini sebagai makanan tuk bertahan hidup dan dimanfaatkan menjadi makanan yang mencegah rasa lapar. Masyarakat di sekitar Turkana dari Kenya amat bergantung pada buah ini pada saat tahun kekeringan yaitu masa 1992-1994. Penelitian awalnya pada Zuriat ialah telah difokuskan kepada buah mengingat selain nilai gizi, juga bisa diolah menjadi minuman, buah ini bisa diseduh dan jadi infus air panas, membentuk pulp dari buah kering yang banyak sekali dikonsumsi menjadi tonik kesehatan dan sudah dinominasikan sebagai buah kesehatan selama berabad-abad.

Kandungan Manfaat Buah Zuriat

  1. Antioksidan bagi Tubuh Buah zuriat kaya antioksidan phytochemical, semacam vitamin dan khususnya, flavonoid, hydroxycinnamates dan komponen lignin yang berkhasiat tuk mencegah atau meminimalisasi stres oksidatif dikarenakan radikal bebas. Disamping itu, tingginya flavonoid serta hydroxycinnamates akan memperlihatkan berbagai farmakologi yang mempunyai sifat kebermanfaatan sebagaimana vasoprotective, antialergi, antivirus, antikarsinogenik, antiiskemik, antiinflamasi juga aktivitas antiproliferasi sel.
  2. Nutrisi Tinggi Pada riset khusus buahnya tersendiri menunjukkan bahwa buah ini terdiri dari nutrisi yang sarat mineral, protein juga asam lemak, khususnya terhadap nutrisi asam linoleat yang bernilai. Pada identifikasi senyawa, secara kromatografi lapis tipis, memperlihatkan bahwa buah mengandung banyaknya saponin, hydroxycinnamates, minyak esensial, coumarin dan flavonoid yang besar.
  3. Antihipertensi Buah ini kerap dikunyah tuk mengontrol kadar hipertensi (tekanan darah tinggi) dimana buahnya bisa menurunkan tekanan darah yang cukup drastis tapi tidak terlalu dibawah rata-rata. Namun buah ini boleh langsung dikunyah begitu mentah akan tetapi saat sudah matang sulit untuk dimakan.
  4. Biji buah Sebagai Obat Mata Ternak Biji di dalam buah, dikenal bisa digunakan tuk mengobati sakit mata kepada ternak dengan cara memakai arang dari benih dan membuat bulatan-bulatan. Faktanya pohon ini tak sebesar kelapa walaupun mirip. Kulit buah ini separuhnya dimakan namun bagian yang berdaging ialah satu-satunya bagian yang bisa dimakan. Begitu pula, sekam dari pohon ini yang  tak sekeras seperti kelapa.

Seperti deskripsi sebelumnya bila Fenol bioaktif yang amat menarik sebagai antioksidan lantaran kemampuan mereka tuk bertindak menjadi efisien penangkal radikal bebas membuatnya sebagai satu dari maraknya obat tradisional. Zuriat tersebut ialah salah satu bahan yang bisa diolah menjadi minuman yang normal dikonsumsi dengan tradisional di negara Mesir yang senyawa didalam buah ini amat kaya yaitu polifenol.

Leave a Reply

Your email address will not be published.